Minggu, Mei 19, 2013

Jenis Tapak Ban Mobil



Bijak dalam memilih jenis ban mobil sesuai kebutuhan adalah hal penting yang perlu dipertimbangkan. Misalnya, kita tinggal di kota yang jalannya bagus dan halus, atau kita tinggal di daerah pedesaan yang kondisi jalannya banyak lumpur apabila musim hujan datang.


Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit berbagi informasi tentang jenis tapak ban mobil. Ada beberapa jenis tapak pada ban mobil. Model tapak pada ban tersebut mempunyai maksud dan tujuan ketika dibuat, dan hal inilah yang perlu untuk kita ketahui. 

·         Tapak Rib
Jenis tapak ini biasanya digunakan pada truk dan kendaraan umum untuk penumpang. Kelebihannya adalah mempunyai dinding samping yang lebih kuat. Selain itu jenis ban ini bisa menghemat bahan bakar , karena daya cengkeran permukaan ban ke aspal  cukup rendah.
·       
      Tapak Lug
Sering digunakan pada kendaraan off-road. Mempunyai daya cengkeram sangat kuat ke jalan sehingga cukup boros bahan bakar.


·         Tapak Blok
Jenis ini merupakan jenis yang paling banyak digunakan untuk kendaraan pribadi. Bisa digunakan untuk medan aspal ataupun tanah biasa. Tetapi untuk lumpur bukan merupakan medan yang sesuai. Daya cengkeram cukup bagus, tapi jenis ini biasanya sering mengalami aus sebelah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar