Senin, Mei 13, 2013

Ban Dalam Mobil



Selain menggunakan ban tubeless sebagian kendaraan juga menggunakan ban dalam. Jika untuk ban ban mobil jenis tubeless menggunakan ban dalam biasanya itu merupakan alternatif jika ban tersebut memang dalam kondisi cacat dan tidak memungkinkan untuk dipakai tubeless lagi. Lain halnya dengan jenis ban yang memang digunakan untuk muatan. Walaupun kondisinya masih baru jenis ban ini memang diperuntukkan menggunakan ban dalam.


Pada dasarnya jika untuk menanggung beban yang berat jauh lebih kuat jenis ban yang menggunakan ban dalam daripada jenis tubeless. Itulah sebabnya kenapa kendaraan besar dan memuat barang yang berat menggunakan ban dalam.

Banyak sekali merek ban dalam mobil yang beredar di pasaran. Khusus untuk jenis tubeless jika terpakasa harus menggunakan ban dalam harus disesuaikan dengan ukuran ban tersebut. Misalnya untuk ban standard mobil avanza yang berukuran 185 / 70 / 14, jika diberi ban dalam harus memilih ukuran ban dalam 13. Kenapa bukan Ring 14? Karena dengan ukuran profil ban tersebut apabila diberi ring 14 hasilnya akan melipat, dan lipatan tersebut lama – kelamaan akan menimbulkan bocor.  

3 komentar:

  1. terima kasih infonya sangat efektif & efisien membuang bandwidth dengan informasi yang sangat tidak membantu. blog yg sangat berguna sekali blog!!

    BalasHapus