Senin, Mei 20, 2013

Kode Ban Mobil



Satu hal penting yang harus diperhatikan ketika akan membeli ban mobil, baik itu baru ataupun bekas adalah mengerti tentang kode ban mobil. Kode ban ini sangat penting untuk menyesuaikan jenis ukuran ban mana yang akan dipakai dan sesuai dengan velg kita. Satu hal lagi, dalam ban terdapat kode produksi sebuah ban. Kode produksi menentukan masa pakai dari karet ban, lebih dari 4 tahun karet ban akan terasa keras, sehingga kurang nyaman untuk dikendarai. 




Berikut akan saya beri contoh tentang kode ban mobil. Misalnya pada ban tertulis kode 205 / 65 / 16 , penjelasannya adalah : 


  • 205  =  Lebar tapak ban ke aspal
  • 65    =  Tinggi ban (%), berarti tingginya 65 % dari lebar tapak ban
  • 16    =  Ring velg ( inci ) 

Sedangkan untuk kode produksi ban cara mengecek adalah carilah bagian dari samping ban yang bertuliskan angka 4 digit yang biasanya dikasih lingkaran. Misalnya X4012. Yang perlu diperhatikan hanya 4 digit angkanya :

  • 2 digit pertama menunjukkan minggu, dalam hal ini berarti minggu ke 40(oktober)
  • 2 digit terakhir adalah tahun, dalam hal ini berarti tahun 2012
  Ada satu tips jika anda membeli ban bekas. Ketika membeli ban langsung suruh si penjual untuk  memasang ke dalam velg, setelah itu dipompa dengan tekan minimal 40 psi, lebih keras lebih bagus. Hal ini dimaksudkan agar apabila ada cacat pada ban tersebut bisa langsung kelihatan. Sehingga kita tidak kecewa ketika membelinya.


3 komentar: