Senin, Mei 20, 2013

Cara Merawat Ban Mobil



Ban merupakan bagian yang penting dalam sebuah kendaraan. Ibarat anggota tubuh, ban seperti kedua  kaki yang dalam kerjanya langsung berhubungan dengan tanah/ jalan. Oleh karena itu diperlukan cara merawat ban yang tepat agar ban awet dan tidak muda bocor. Berikut saya akan sedikit berbagi bagaimana cara merawat ban mobil agar tidak  lebih awet :


1.       Ukur tekanan angin secara teratur.
Untuk motor sebaiknya dilakukan seminggu sekali, sedangkan untuk mobil bisa dilakukan 2 atau 3 minggu sekali. Intinya semakin sering dicek semakin baik
Catatan : Jika menggunakan angin nitrogen pengecekan tekanan bisa dilakukan lebih lama. Untuk mobil 1,5 bulan, sedangkan untuk motor bisa sampai 1 bulan ( ini jika kondisi ban normal alias tidak sedang bocor).

2.       Perhatikan kode produksi ban.
Ini perlu dilakukan karena ban yang umurnya lebih dari 3 tahun, karet ban akan mati alias keras, sehingga ketika dikendarai terasa kurang nyaman. Untuk melihatnya cek tulisan / kode dibagian samping ban yang terdiri dari 4 digit angka. 2 angka pertama menunjukkan minggu, sedangkan 2 angka terakhir menunjukkan tahun produksi sebuah ban. Pada setiap ban mobil ataupun motor yang berstandard SNI pasti mencantumkan kode produksi ini.

Sekarang saya akan sedikit membahas tentang bagaimana kondisi tekanan ban yang stabil bisa meminimalisasi kerusakan atau bocor. Jika ban dalam kondisi kurang tekanan angin akan lebih mudah untuk mengikat semua benda yang dilalui, ini terjadi karena kondisi ban yang kurang angin jika ada beban bagian pojok/ sudut ban yang seharusnya tidak boleh menapak ke aspal akan ikut tertapak, nah… akibatnya akan lebih mudah untuk mengikat benda tajam yang dilalui. Kondisi seperti ini juga sangat berbahaya ketika terkena lubang jalan yang cukup dalam, bagian samping ban akan rawan untuk sobek, jika hal ini terjadi maka solusinya harus ganti ban luar. Cukup fatal bukan.

Nah… Oleh sebab itu rajinlah mengontrol tekanan angin secara teratur agar ban kendaraan kita lebih awet dan nyaman untuk dikendarai.

1 komentar: