Senin, Mei 20, 2013

Ban Mobil Benjol Samping



Ada kalanya ketika sedang asik menikmati perjalanan untuk liburan keluarga ternyata kita disibukkan oleh suatu kondisi ban yang benjol samping, akhirnya demi keamanan perjalanan mau – tidak mau harus diganti dengan ban serep. Karena kalu dipaksakan akan membahayakan penumpang.


Perlu teman-teman ketahui, ada beberapa penyebab ban mobil benjol samping. Salah satunya adalah terkena lubang jalan ataupun kena trotoar jalan ketika sedang parkir. Dalam hal ini biasanya tekanan angin pada ban pada kondisi yang kurang dari standar. Kenapa terjadinya benjol samping pada ban itu berhubungan dengan kurangnya tekanan angin? Karena pada saat tekanan angin dalam ban berkurang atau kurang dari standard yang ditentukan, bagian ban samping yang seharusnya tidak boleh menapak ke permukaan jalan akan tertapak, ini disebabkan oleh adanya beban mobil ditambah lagi beban dari penumpang itu sendiri. Akhirnya ketika ada lubang jalan atau trotoar, bagian samping ban akan mengalami tekanan berat yang mengakibatkan putusnya susunan benang pada samping ban. Putusnya benang inilah yang mengakibatkan terjadinya benjol samping pada ban.

Jika sudah terjadi benjol samping, solusi terbaik adalah dengan memberi ban dalam ( jika itu ban tubeless). Tetapi jika ban itu sudah memakai ban dalam, solusi terbaik adalah ganti ban luar. Sebenarnya ada satu solusi bagi ban tubeless  agar tidak dikasih ban dalam, yaitu dengan cara di Press samping, untuk biayanya lebih mahal. Ada satu catatan penting agar ban tubeless bisa dipress, yaitu luka samping harus berbentuk vertical. Itu karena susunan benang pada dinding samping ban tersusun vertical. Jika lukanya horizontal, maka solusinya harus diberi ban dalam atau ganti ban luar.

Oleh sebab itu, untuk perawatan lakukan pengecekan tekanan angin secara teratur, bisa 2 minggu sekali untuk mobil dan untuk motor 1 minggu sekali. Intinya semakin sering dicek semakin bagus.

1 komentar: